Kamis, 24 Januari 2013

CINTAILAH MEREKA SEUTUHNYA

Bicara tentang remaja atau ABG (Anak Baru Gede) akan selalu menyenangkan tetapi sekaligus melelahkan. Menyenangkan, karena inilah masa pertumbuhan kekuatan dan usia, dimana bertumpu harapan semua orang tentang masa depan peradaban ini. Melelahkan, karena berjuta kata takkan bisa mengurai habis problematika dan kenakalan para remaja. Tetapi, justru disinilah sebenarnya tantangan dan sisi menariknya.
Maka tidak heran kalau para kapitalis yang diwakili industri dunia hiburan, berburu habis semua hal yang berhubungan dengan remaja yang bisa diangkat ke dunia hiburan. Hampir semua hiburan, mulai film, sinetron, musik, iklan, reality show sampai kuis, didominasi tema-tema remaja. Di samping beralasan membantu membentuk karakter remaja (entah karakter yang bagaimana?), mereka juga merasakan untung yang berlipat-lipat karena tema remaja memang sangat laku di pasaran. Sungguh, tak bisa kita bayangkan nasib bangsa dan agama ini ke depan kalau pendidikan para remaja diserahkan kepada para kapitalis bermental materialistis yang menghalalkan segala cara itu.
Dan tidak dapat dipungkiri kalau kerusakan remaja kita memang sudah sangat parah dan kompleks. Oleh karena itu harus terus dilakukan “berbagai cara” yang kreatif dan inovatif tapi tetap dalam koridor syari’at agar para remaja kita “takluk” di tangan para da’i, bukan takluk di tangan selebritis. Dan tentu, penanganannya pun harus menyeluruh, terpadu dan terukur.
 
REMAJA ITU…
1.             Tidak Suka Dinasehati Apalagi Dimarahi
2.             Mencari Contoh untuk Dirinya
3.             Aktualisasi Diri
4.             Saatnya Jatuh Cinta
Mengapa mereka lebih condong ke acara-acara yang sama sekali tidak bermanfaat? Apa alasan mereka tidak mau datang ke acara-acara ke-Islaman? 76% menjawab: Malas, 20% menjawab: Membosankan/tidak menarik dan paling hanya gitu-gitu saja. Yang diomongin paling surga, neraka, pahala dan dosa, 4%  menjawab: Tergantung
 
Kondisi Hari Ini
Mereka akan terdiam seribu bahasa saat ditanya 10 sahabat Nabi yang dijamin masuk surga. Tapi mereka akan antusias saat disuruh menyebut 20 celebrity yang dikenal. Lagu-lagu lebih dihafal daripada ayat-ayat Quran. Nongkrong di mall lebih disukai daripada ‘nongkrong’ di masjid (i’tikaf), novel tentu lebih menarik dari Qur’an. Belum lagi masalah pornografi, video mesum, free sex, narkoba, berani ke ortu, tawuran, malas belajar, dsb. Kalau diurai akan habis pena ini. Uhh…
 
Penyebab
Lemah iman, Kenakalan Ortu, Serbuan tekhnologi, Hukum yang lemah, Kurang kompak antar elemen bangsa, kepemimipnan yang lemah.
 
Solusi
Maka kunci sukses menaklukan remaja adalah pelayanan yang berkualitas bagi mereka sehingga mereka merasa nyaman dengan kegiatan ke-Islaman.
 
Apa Modal Kita Untuk Menghadapi Mereka?
-  Iman
Secara umum da’wah memang harus karena panggilan iman. Atau lebih tepatnya konsekuensi dari iman adalah menyebarkan apa yang diyakini ke seluruh manusia, yang dalam hal ini adalah para remaja. (QS 3:110)
- Ikhlas
“Maka barang siapa yakin sepenuhnya akan berjumpa dengan Rabnya, hendaklah dia beramal sholeh dan janganlah ia memepersekutukan dengan siapapun dalam beribadah kepada Rabbnya.”  (Al-Kahfi:110)
- Sabar
“Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu beruntung.”       (Ali-Imran: 200)
-                           Optimis
Optimislah yang membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin. Menghadapi dunia remaja, optimisme harus bergelora. Kalau ada remaja yang nakalnya minta ampun, ngedrug, terlibat sex bebas, suka berpakaian mini dan ketat atau berani kepada orang tua, janganlah membuat para da’i kehilangan optimisme (QS 3:139)
 
Modal Khusus
-  PeDe
Menurut pengalaman penulis asal kita bisa ngemong dan mengambil hati mereka, Insya Allah fisik dan penampilan kita dinomorduakan kok!
 
-  Mengikuti yang paling Aktual di Kalangan Remaja
Ini sesuai dengan pesan Rasulullah saw: ”Bicaralah sesuai dengan bahasa kaummu!”
-  Wide Not Deep
Artinya sebisa mungkin kita mengerti segala permasalahan walaupun tidak detail. Tentu saja mengerti semua dan sedetail-detainya akan lebih baik. Kita tidak ingin ada seorang remaja yang sedang semangat-semangatnya ngaji dan punya banyak pertanyaan yang harus segera dijawab justru kita tidak mengetahui permasalahannya. Karena kita tidak mampu “menyenangkan” mereka dalam menjawab.
-                 Punya Empati Remaja
Mungkin kita dulu pernah punya masa lalu jahiliyyah. Mungkin kita dulu waktu remaja bandelnya juga luar biasa. Apa yang kita lakukan jika orang tua marah-marah? Apa yang kita perbuat jika ada undangan pengajian buat remaja di mushola desa atau sekolah? Punya pacar, suka nonton film juga, khan?
Apa reaksi kita? Persis! Dan itulah perasaan dan reaksi remaja sekarang jika diomelin atau diajak melakukan kebaikan. Bisa jadi kita lebih parah dari mereka dalam bereaksi.
Nah, dengan empati seperti itu kita mencoba cara-cara yang membuatnya merasa tidak disalahkan atau dimarahi!
 
SERUAN UMUM
1.            Mari kita mulai mengatasi remaja ini dari diri sendiri. Apa-apa yang menjadi masalah di dunia remaja KITA harus sudah menjauhinya. Ifda’ bi nafsik kata Rasulullah saw
2.            Mulai dari pasangan dan anak-anak kita. Keluarga adalah langkah pertama solusi bangsa ini. Akan berbahaya besar jika masing-masing keluarga belum memulai hidup Islami
3.            Buat perkumpulan-perkumpulan yang berdaya guna
4.            Ayo ‘tekan’ pemerintah, dewan dan MEDIA agar focus di masalah ini.
______
Di sampaikan dalam seminar dan jumpa fans Radio Risalah FM di Musolla PPST Ar-Risalah Lirboyo,ahad 20 Januari 2013
 
Oleh: Marenda Darwis
Pengasuh Kafe Curhat Klub Remaja Ceria. Penulis Buku (Apakah Bibirmu Masih Perawan, Kafe Curhat Remaja, Kecanduan Shalat dan Klinik Cinta) HP: 0852-3529-3529  FB: Marenda Darwis ll, Twitter: @kafecurhat

1 komentar:

  1. Top 10 Head Titanium Tennis racket & tips
    Head titanium titanium bolt tennis thinkpad x1 titanium racket. Best tennis simulator! Best titanium jewelry racket games and best tennis rocket league titanium white betting tips. Best tennis tips for today. No m w88 matter the sport or tennis

    BalasHapus