Jumat, 28 September 2012

Sampainya do’a ,Tahlil dan shodaqoh buat orang yang sudah meninggal


Kajian Islami jum’at,28 September 2012
Askum.pak uztad.aq hamba alloh d kdiri aj..q mw tanya.memperingati kematian misalx acara haul.itu jaman dlu dri dalil ciapa/ad hadis dri ciapa.mohon penjelasanx..sblumx trima ksih.askum?

Perihal dalil peringatan kematian semacam Haul dan sebagainya memang tidak ada dalil secara khusus,itu hanya tradisi local saja,namun dalil secara umum ini sangat banyak,sebagaimana mendoakan terhadap orang yang sudah meninggal,terlebih dari anak yang sholih,itu merupakan amal jariyah bagi si mayyit.

Tambahan dari berbagai sumber

Sampainya do’a ,Tahlil dan shodaqoh buat orang yang sudah meninggal
Sampaikah bacaan alquran, sholawat, tahlil, tahmid, Takbir, tasbeh, shodaqah makananYang di hadiahkan untuk almarhum orang tua kita, guru2 kita, sanak keluarga kita, Jawaban nya Semuanya SAMPAI dan pahalanya di terima oleh si mayit,
Jadi orang yang mengadakan tahlilan, halaulan besar2n itu tdk sia2,
Krn sdh ijma ulama dr 4 mazhab.bahwa semua amal shodaqah, bCaan, sholat hadiah itu sampai,

Ø      Di awali mazhab hanafi dulu,
Imam 'alauddin abu bakar bin mas'ud alhanafi wafat tahun 587 h.berkata dalam KTB nya

بدائع الصنائع في ترتيب الشرائع
من صام أو صلى أو تصدق وجعل ثوابه لغيره من الأموات أو الأحياء جاز ويصل ثوابها إليهم عند أهل السنة والجماعةوقد صح عن رسول الله أنه ضحى بكبشين أملحينأحدهما عن نفسه والآخر عن أمته ممن آمن بوحدانيت الله وبرسالته

Barangsiapa puasa, atau sholat atau bershodaqah dan ia jadikan pahalanya untuk orangyg mati atau yg hidup, maka bisa dan smpai pahalanya itu kpd mereka, di sisi ulama ahlis sunnah waljamaah,Telah shahih riwayat dr rasulullah, Bhw ia menyembelih 2 kambing kibasy, salah satunya pahalanya dperuntukkan untk beliau, dan yg satunya untuk semua ummatnya yg beriman kpd tuhan yg maha esa, dan kerasulan beliau

Ø      Dari mazhab maliki,

Dalam KTB hasyiah dasuqi ala syarhil kabir syekh dardir, Imam muhammad bin ahmad addasuqi almaliki wafat tahun 1230 hal.

قال ابن رشد: وإن قرأ الرجل وأهدى ثواب قراءته للميت جاز ذلك وحصل للميت أجره

Ibnu rusydi berpendapat, jika seseorang membc alquran, dan ia hadiahkan pahalanya untuk mayit, maka bisa itu dan smpai pahalanya untuk si mayit

وذهب إليه غير واحد من أئمتنا الأندلسيين أن الميت ينتفع بقراءة القرآن الكريم ويصل إليه نفعه ويحصل له أجره إذا وهب القارئ ثوابه له

Dan menurut fatwa ibnu rusydi td beberapa ulama dr andalus spanyol, bhw mayit bs mendapt manfaat dgn bcaan alquran, dan smpai manfaatnya kpd nya, dan bisa hasil pahalanya itu jika si pembaca meniatkan memberikan pahala bcaan nya untuk mayit itu

لحديث النسائي عن النبي صلى الله عليه وسلم: من دخل مقبرة وقرأ قل هو الله أحد إحدى عشرة مرة وأهدى ثوابها لهم كتب الله له من الحسنات بعدد من دفن فيها

Ada hadist drwayatkn imam nasa-i, dr nabi kita bersabda: brngsiapa masuk pekuburan,dan membc surat al ikhlas 11x, dan ia hadiahkan pahalanya untk orang2 di pekuburan itu, maka Allah tls beberapa kebaikan untk pembca td sejumlah manusia yg dkuburkan dsana
Imam abu abdillah almaliki dalam ktbnya syarah mukhtashor khalil berkata,

فينبغي للإنسان أن لا يتركه فلعل الحق هو الوصول فإنه مغيب وكذا التهليل الذي اعتاد الناس ينبغي عمله والاعتماد على فضل الله

Maka sepantasnya untuk orang2, agar jgn meninggalkan menghadiahi mayit, barangkali yg benarnya adalah pahalanya memang SAMPAI, krn itu mslh gaib, bgt juga jgn dtinggalkan TAHLILAN yg sering dlakukan masyrakat,sepatutnya itu terus di amalkan dan berpegang pada kelebihan pemberian Allah

قال ابن العربي: أوصيك بالمحافظة على شراء نفسك من الله تعالى بأن تقول لا إله إلا الله سبعين ألفا فإن الله تبارك وتعالى يعتقك ويعتق من تقولها عنه من النار

Ibnul arabi berkata: aku wasiati kamu dgn slalu menebus dirimu dr Allah, dgn slalu membc tahlil 70rb kali, krn Allah akan membebaskan kamu dan orangyg di hadiahi tahlil 70rb kali td dari api neraka

Ø      Dari mazhab syafi'i

Imam nawawi wafat tahun 676 h. dalam Majmu nya meriwayatkan

أخبرنا الربيع بن سليمان قال حدثنا الشافعي إملاء قال: يلحق الميت من فعل غيره وعمله ثلاث: حج يؤدى عنه ومال يتصدق به عنه ودعاء

Imam syafi'i berkata: mayit bisa mendapat pahala dr perbuatan dan amal orang lain ada 3,
1.haji yg dlaksanakan dr nya
2.harta yg dshadaqahkan dgn harta itu untuk
3.doa untuk nya
Dalam KTB mugnil Muhtaj oleh imam khatib syarbaini wafat tahun 977 hal, Dan KTB i'aanah tholibin oleh imam bakri bin m.syatho wafat tahun 1202 h

وقال ابن عبد السلام في بعض فتاويه: لا يجوز أن يجعل ثواب القراءة للميت لأنه تصرف في الثواب من غير إذن الشارع

Imam ibnu abdissalam dalam sbagian fatwanya berfatwa: tdk bisa membuat pahala bcaan alquran untuk mayit, krn memperlakukan pahala dgn tanpa izin syari'at,

وحكى القرطبي في التذكرة أنه رئي في المنام بعد وفاته فسئل عن ذلك فقال: كنت أقول ذلك في الدنيا والآن بان لي أن ثواب القراءة يصل إلى الميت

Imam Qurtubi dalam KTB tazkirahnya menceritakan, bhw dperlihatkan dalam mimpi, stlh ibnu abdissalam nya wafat, lalu di tanya tntng fatwanya itu yg mengatakan tdk bisa menghadiahkan bcaan quran, lalu ibnu abd salam menjwb: dahulu aku memfatwakan itu di dunia, skrg nyata untuk ku, bhw bacaan alquran itu ternyata sampai ke mayit

وحكى النووي في شرح المسلم والأذكار وجها أن ثواب القراءة يصل إلى الميت كمذهب الأئمة الثلاثة

Imam nawawi dalam syarah muslim dan azkarnya satu wajah menyebut bhw pahala bcaan quran itu smpy ke mayit spt pendapat mazhab hanafi, maliki, Hanbali,

واختاره جماعة من الأصحاب منهم ابن الصلاح والمحب الطبري وابن أبي الدم وابن أبي عصرون وعليه عمل الناس

Dan memilih smpai nya bcaan itu kemayit beberapa kelompok ulama, diantaranya, ibnu sholah, muhibbu thobari, ibnu abiddam, ibnu abi ashrun, dan atas ini lah skrg bnyak orang mengamalkan nya وما رآه المسلمون حسنا فهو عند الله حسن

Dan apa saja yg dpandangan ulama2 itu bgs, maka bgs jg di sisi Allah

قوله لا يصل ثوابها إلى الميت ضعيف

Kata imam syafi'i tdk sampai pahalanya ke mayit itu dhoif,

وقوله وقال بعض أصحابنا يصل معتمد

yg mu'tamad nya adalah qaul beberapa Ashhab yaitu pahalanya SAMPAI

Ø      Dari mazhab Hanbali

وحكي عن أحمد بن حنبل: أنه قال: يلحق الميت ثواب ما يفعل عنه من الصلاة والقراءة والذكر

Driwayatkan dr Imam Ahmad bin Hanbal, bhw beliau brkata: mayit bs mendpat pahala yg dkerjakan untuk dia dr sholat, bcaan quran dan zikir2,
Dr mazhab Hanbali aku khususkan ckp pendapat ibnu taimiyah saja, Inilah kelompok jwbn skaligus fatwa ahmad bin abdul halim yg terkenal dgn ibnu taimiyah alharani alhanbali wafat tahun 728 hal,

أما الصدقة عن الميت فإنه ينتفع به

باتفاق المسلمين

Adapun shodaqah yg dkeluarkan untk mayit, itu akan, Dgn ittifaq para imam

إنما يصل إلى الميت ثواب العمل لا نفس العمل

Bhwsanya yg sampay kpd mayit itu hanya pahala amal itu, bukan zat amal itu

قال العلماء: إنه يجوز إهداء ثواب العبادات المالية والبدنية إلى موتى المسلمين كما هو مذهب أحمد وأبي حنيفة وطائفة من أصحاب مالك والشافعي فإذا أهدي لميت ثواب صيام أو صلاة أو قراءة جاز ذلك

Para ulama ijma, bhw bisa nya menghadiahkan pahala ibadah shodaqoh dan pahala ibadah badan kpd mayit yg islam, spt itu mazhab ahmad, abu hanifah, maliki dan syafi'i, jd apabl mayit di hadiahkan pahala puasa, sholat, dan bcaan, maka bisa itu Ibnu taimyah dtanya lg mslh tahlil, إذا

هلل الإنسان هكذا سبعون ألفا أو أقل أو أكثر وأهديت إليه نفعه الله بذالك

Jika para manusia bertahlil 70rb kali atau kurang dr it, atau lbh, lalu di hadiahkan kpd mayit, makaAllah beri manfaat kpd mayit it dgn sebab tahlilan td,

يصل إلى الميت قراءة أهله وتسبيحهم وتكبيرهم وسائر ذكرهم لله تعالى إذا أهدوه إلى الميت وصل إليه

Bcaan alquran, tasbih, takbir, dan smua zikir itu, bila di hadiahkan kpd mayit, maka Smpy kpd mayit pahalanya

أما وصول ثواب العبادات البدنية كالقراءة والصلاة والصوم فمذهب أحمد وأبي حنيفة وطائفة من أصحاب مالك والشافعي إلى أنها تصل

Ittifaq imam 4 mazhab bhw pahala ibadah badaniah itu smpy, spt membc alquran, sholat hadiah, puasa.
baca juga di : http://www.pesantrenvirtual.com/index.php?option=com_content&view=article&catid=1:tanya-jawab&id=504:haul-ke-7-40-100-dll


3 komentar:

  1. sekedar tambahan....http://www.piss-ktb.com/2012/03/006-aqidah-walimah-kematian-bidah.html

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus